Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Menurunnya Kekebalan Tubuh

Ada beberapa kebiasaan yang bisa menurunkan daya tahab tubuh. Menurut seorang pakar kesehatan sangat penting sekali untuk kita menghindari beberapa kebiasaan itu. Lantas apa saja Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Menurunnya Kekebalan Tubuh

Berjumpa kembali dengan kami yang merupakan agen resmi Green World yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin berkhasiat yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia sedikitpun. Salah satunya adalah menyediakan Ganoderma Plus Capsule yang merupakan obat herbal yang terbuat dari tumbuhan alami bernama Ganoderma, yang memiliki banyak manfaat salah satunya sangat baik dalam mengobati kanker. Namun pada kesempatan ini kami bukan akan membahas informasi mengenai salah satu produk ungulan kami tersebut, karena kami akan menyajikan informasi penting dan menarik seputar hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Pada kesempatan ini informasi yang akan kami sajikan adalah mengenai Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Menurunnya Kekebalan Tubuh. Simak langsung informasinya berikut ini.

kebiasaan-yang-dapat-menyebabkan-menurunnya-kekebalan-tubuh

Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Menurunnya Kekebalan Tubuh — Sistem kekebalan tubuh adalah bagian penting dari tubuh seseorang untuk melawan penyakit dan infeksi. Sebuah sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius, seperti infeksi atau flu, selain itu dapat juga sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan organisme, termasuk virus, bakteri, protozoa dan parasit. Sistem kekebalan juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitasdan melawan sel yang teraberasi menjadi tumor.

Kemampuan sistem kekebalan untuk membedakan komponen sel tubuh dari komponen patogen asing akan menopang amanat yang diembannya guna merespon infeksi patogen |baik yang berkembang biak didalam sel tubuh (intraselular) seperti misalnya virus, maupun yang berkembang bisak diluar sel tubuh (ekstaselular)| sebelum berkembang menjadi penyakit. Karenanya sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan yang kuat dan salah satu cara melakukannya adalah dengan menghindari kebiasaan yang dapat menyebabkan tubunnya sistem kekebalan tubuh, seperti dibawah berikut ini :

  • Tidur larut malam

Saat tidur, sistem kekebalan tubuh akan mempelajari cara terbaik untuk melawan bakteri, virus, dan penyebab penyakit lainnya. Bila Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka tubuh Anda tidak memiliki kesempatan untuk melawan penyakit secara efektif. Berbagai penelitian bahkan menyebutkan, kurang tidur akan membuat tubuh Anda sulit untuk melawan flu.

  • Duduk sepanjang hari

Duduk sepanjang hari tanpa melakukan aktivitas apapun juga dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda. Kurang aktivitas bahkan dapat membuat Anda sakit lebih lama. Menurut British Journal of Sports Medicine, seseorang yang kurang berolahraga akan mengalami infeksi saluran pernapasan atas 42 persen lebih lama dibandingkan mereka yang rajin berolahraga. Maka sempatkanlah berolahraga setiap hari, minimal jalan cepat di sela-sela pekerjaan.

  • Merasa kesepian

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, menemukan bahwa saat seseorang merasa kesepian, maka produksi hormon norepinephrine akan meningkat. Hormon tersebut akan membuat sistem daya tahan tubuh Anda kesulitan dalam melawan virus, hingga membuat Anda mudah sakit.

  • Stres

Tekanan pekerjaan mungkin tidak akan menimbulkan penyakit yang berbahaya. Namun bila Anda membiarkan diri Anda stres akibat tekanan pekerjaan atau beban hidup lainnya, maka Anda akan mudah jatuh sakit. Stres dapat menurunkan daya tahan tubuh, hingga memudahkan terjadinya peradangan.

  • Mengkonsumsi Makanan Yang Berlemak

Memang betul bahwa tidak semua makanan berlemak itu buruk. Namun mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dapat menurunkan daya taha tubuh hingga terjadinya peradangan. Anda sebaiknya lebih teliti dalam memilih makanan berlemak. Misalnya mengganti daging, dengan salmon.

  • Mengkonsumsi Antibiotik

Antibiotik memang dapat melawan bakteri penyebab penyakit. Namun penggunaan antibiotik yang tidak tepat justru dapat membunuh bakteri baik yang akan melindungi tubuh anda dari berbagai penyakit. Patikan anda berkonsultasi dengan dokter, sebelum mengkonsumsi antibiotik.

  • Minum alkohol

Alkohol juga bisa jadi penyebab menurunnya daya tahan tubuh. Kebiasaan mengonsumsi alkohol akan membuat sel darah putih tidak cukup efektif dalam melawan bakteri berbahaya. Tubuh bahkan kesulitan untuk memproduksi sel yang mampu membunuh virus dan bakteri.

  • Mengabaikan berat badan

Berat badan yang ideal bukan hanya akan membuat Anda tetap fit, tetapi juga dapat melindungi Anda dari penyakit. Kelebihan berat badan dapat mengubah jumlah sel darah putih pada tubuh. Lemak perut dan lemak di sekitar organ tubuh juga akan menurunkan sistem daya tahan tubuh Anda.

Baca Juga : Manfaat Kesehatan Yang Diproleh Dari Mengkonsumsi Tahu Secara Rutin

Nah itu dia sederet Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Menurunnya Kekebalan Tubuh. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk diatas untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Sekian dan semoga bermanfaat.

– Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Menurunnya Kekebalan Tubuh –

One thought on “Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Menurunnya Kekebalan Tubuh

Leave a comment